Pentingnya Agen atau Makelar Dalam Jual Beli Property




Pernahkan anda melihat penjual tanah atau rumah yang baru di launching ternyata dalam waktu satu bulan sudah habis terjual!!

Kemudian coba bayangkan model system mereka itu !! 

Anda pasti memperkirakan bahwa property mereka laku karena iklan !! 

Ya anda tidak salah, karena salah satu faktor orang membeli adalah dari bantuan iklan. Namun ada satu cara yang lebih optimal dalam mengiklankan property. Satu diantaranya adalah dengan bantuan agen atau makelar.

Kelebihan yang ditawarkan seorang agen adalah mempunyai banyak sumber informasi yang sangat penting untuk kelanjutan bisnis property. Recomendasi dari agen property termasuk yang terbaik jika dilihat dari segi apapun. Mereka pasti punya wawasan tersendiri yang tidak anda punyai. Apalagi jika anda berada pada posisi luar kota, maka akan sangat terbatas jangkauan informasi yang anda dapat dalam penjualan dan pembelian property anda. 

Selain informasi, seorang agen sangat membantu dalam proses validasi property. Mulai dari surat-suratnya, pemiliknya, luas tanah dan bangunannya, dsb yang tidak mungkin anda kerjakan sendirian. Sangat relevan jika anda membayar mahal agen, memang berbanding dengan apa yang anda dapatkan.

Bahkan kadang kala yang aneh lagi, ada penjual property tanpa minta bantuan ke agen terdekat. Mungkin salah satunya alasannya adalah gaji saat closing yang menurutnya mahal, Namun jangan khawatir jika ada agen property yang menawarkan komisi seiklasnya. Yang perlu anda ingat juga bahwah agen itu juga mempunyai team sukses, jadi sukses tidaknya property anda tergantung apa yang anda hadiahkan, setidaknya anda menghadiahkan minimal 2,5% dari nilai jual tanah dibawah 1 M sebagai motivasinya. Lebih anehnya lagi bahkan ada agen yang tidak dibayar perusahaan padahal sudah closing !! aneh bukan, coba sentuh hati anda.

Bagaimana bisa anda menghianati begitu saja agen yang anda rekrut?
Bagaimana bisa setelah anda meminta tolong kepadanya, lalu anda buang begitu saja ?
Dia rela tidak digaji saat belum closing namun setelah closing anda dusta !!
Ingatlah agen juga bekerja untuk nafkah keluarganya, bagaimana bisa anda !!

Kembali ke topik, Setidaknya minimal ada 5 keunggulan seorang agen !!

1. Kaya Informasi (punya banyak jaringan)
2. Kejelasan jual penjual (data valid)
3. Mengetahui seluk beluk tiap daerah (anda pernah dengan sertifikat ganda bukan?)
4. Bekerja sama dengan badan pertanahan (anda akan tau rata-rata harga closing tanah ditiap lokasi)
5. Tidak digaji sebelum closing

Jadi kenapa anda tidak menggunakan jasa agen atau makelar yang sangat membantu ini ?

Komentar